Thursday, April 27, 2017

4 Hari di Tanah Flores, Maret 2017

Awal kata.... sumpah deh nggak kepikiran bakal balik nulis di blog ini lagi, ngebaca postingan dulu-dulu sampe geli-geli, malu, dan agak ababil banget (walaupun sekarang masih) hahahaha. Terakhir tahun 2013??? Kalau anak ABG jaman sekarang udah berapa kali yaa ganti pacar saking lamanya hahahahaha. Finally untuk tulisan pertama di tahun 2017 dan semoga akan ada tulisan lainnya lagi hihihi

Aku pengen ngeshare pengalaman travelingku yang pertama di blog ini, niatnya sih pengen kayak travel blogger gitu hahaha. Abal-abal tapi yaa lumayan pake ungkapan rasa bahagia & juga pengen aja dikenang untuk dibaca beberapa tahun mendatang. Apalagi banyak temen-temen yang nanya soal etenery selama liburan.

Maret 2017 kemaren, aku dan temen-temen total berenam dapet kesempatan berkunjung ke Labuan Bajo, NTT. Tempat ini udah jadi wish list banget dari awal kerja di tahun 2015 dan akhirnya terwujud di tahun ini. Kita memang nggak prepare banget, tapi sebenarnya tiket udah kebeli di Oktober 2016. Niatnya mau ikutan travel fair salah satu maskapai terbaik di Indonesia. Berhubung udah promo aja tetep mahal, akhirnya beli tiket Nam Air aja (satu manajemen dengan Sriwijaya Air). Penerbangan ke Labuan Bajo lumayan banyak jadwalnya, sehingga kita beli untuk berangkat tanggal 25 Maret dan pulang ke Bali tanggal 29 Maret 2017. Mastiin tanggalnya juga udah sempet menghubungi salah satu agent yang nantinya akan memfasilitasi kita sailing komodo untuk periode 26 - 28 Maret 2017. Btw 3 hari 2 malam itu udah puass banget disana. Kalau kurang, boleh nantik kesana lagi (ps: ajak aku ya) hehehe.

Hari pertama di Labuan Bajo, kita rencanain memang menginap semalam di Labuan Bajo sebelum keesokan harinya ikut sailing Komodo. Nggak banyak sih yang kita lakuin, cuma check-in di hotel terus malemnya cari makan di dekat Pelabuhan Pelni. Ada namanya Restoran Artomoro yang terkenal ayam bakarnya. Kalau mau seafood di sepanjang jalan di Labuan Bajo banyaaakkk banget deh tempat makannya, bisa dipilih salah satu.

Ohyaaa kita menginap di Ciao Hostel yang lumayan recommended untuk para backpacker, dari harga yang murah tapi fasilitasnya udah bagus kok, bersih, ada restoran di lantai 2 yang view pelabuhan, dannn free airport transfer untuk check-in dan check-outnya.. Untuk akses ke tempat yang pengen dikunjungi bisa naik ojek cuma Rp 10.000,- atau kalau berbanyak bisa naik taksi Rp 50.000,- per drop (patungan yaaa). Kamarnya model asrama dengan bed tingkat gitu, per orang dicharge Rp 150.000,- per malamnya. Lebih detail ada di tripadvisor semuaa.

Sailing komodonya sih nggak pengen dijelasin satu-satu dari awal naik kapal dll.. Yang jelas kita ketemuan dengan Bapak Kapalnya di Pelabuhan Pelni, sampai disana diarahin ke kapal yang akan kita pakai sailing selama 3 hari 2 malam, selanjutnya Bapaknya semua yang beresin. Registrasi, pompain floatis (kita sih yang ngerepotin banget hahaha), pokoknya beres!

Kita ke mana aja? Check it out yaaa!!




First stop.............
PULAU KELOR

Tempatnya nggak terlalu jauh dari pelabuhan, mungkin sekitar 45 menit sudah sampai. Pulau-pulau di kawasan ini memiliki keindahan dan daya tariknya masing-masing. Airnya jernih dan banyak yang snorkeling disini. Cuma saran dari kapten kapalnya lebih baik snorkeling di tempat selanjutnya saja, di Pulau Kelor ini cukup tracking dan photo stop. Jalur tracking lumayan terjal dan curam disini, tapi jangan kawatir guide kita setia mendampingi dan membantu kalau kita kesulitan saat naik maupun turunnya.

Here we are!!

PULAU MANJERITE

Sebenarnya aku agak lupa nama pasti dari pulau ini. Soalnya waktu nanya ke abang kapalnya, jawabnya cepet banget ditambah logat floresnya jadi agak nggak jelas dengernya hahahaha.. Jadi di pulau ini ada dermaga yang lumayan panjang menggunakan jembatan kayu, di sisi jembatannya ada tangga untuk starting point yang mau snorkeling. Aku nggak ada foto di tempat ini karena keasikan snorkeling. Eits jangan salah. aku bukan salah satu dari perenang yang udah handal kok, renang aja di kolam nggak berani ke tempat yang terlalu dalem. Bang Akbar (kapten kapal kita) yang bantu aku berenang tanpa safety jacket! Jadi dia berenang duluan dan aku nyusul di belakangnya, kalau kesusahan dia bantu narik atau pegang aja tangannya! Puas deh!

PULAU PADAR

Siapa yang nggak tau Pulau Padar? Pulau yang semakin ngehits belakangan ini harus kalian datengin kalau sailing Komodo. Memang tempatnya yang paling jauh, sekitar 4 jam dari Labuan Bajo. Percaya deh, nggak bakal nyesel kalau datang kesini. Rencana awal kita mau lihat sunset di Padar, tapi keadaan berkata lain. Sore perjalanan dari Pulau Manjerite ke Padar, mendung sudah kelihatan tebal dan hujan lebat disertai angin kencang menemani perjalanan kami. Gelombang cukup besar juga, jadi terpaksa kita bermalam di dekat Pulau Padar setelah hujan reda, dan hari mulai gelap. Rencana awal jadi berubah, kita naik ke Padar pagi-pagi buta untuk melihat matahari terbit. Sunrisenya malu-malu, tapi nggak nutupin keindahan pulau ini. Kabarnya di pulau ini dulu tinggal komodo, tapi sekarang entah pergi kemana. Nggak kebayang kan kalau lagi tracking di temenin komodo.

Foto Mainstream


PULAU KOMODO

Pulau di kawasan Taman Nasional Komodo ini yang benar-benar dihuni oleh komodo adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Bedanya, di Pulau Komodo, komodo yang tinggal disini lebih gemuk dibandingkan di Pulau Rinca. Katanya perbedaan ketersediaan makananlah yang membuat perbedaan tersebut. Sayang sekali sailing kali ini kita belum dapet kesempatan ke Pulau Rinca. Waktu yang terbatas dan juga salah satu temanku yang sedang haid tidak memungkinkan untuk trecking di Rinca. Komodo walaupun kelihatannya lambat dan malas, tapi kalau sudah memburu mangsa kecepatannya nggak bisa disangka. Apalagi penciumannya akan bau darah, so be careful guys!!

Hi Komodo!!

PANTAI MERAH

Orang lokal disini menyebutnya Pantai Merah atau yang lebih kita kenal dengan Pink Beach. Banyak yang bilang pasir di pantai ini tidak se-pink dulu, bahkan sekarang orang lebih sering ke Pantai Gili Namo yang pasirnya lebih pink. Aku belum dapet ke Gili Namo karena keterbatasan waktu, tapi di Pink Beach ini udah lebih dari cukup kok. Airnya jernih banget, kapal kita nggak boleh terlalu dekat ke pantai demi kelestarian terumbu karangnya. Jadi kapal akan pasang jangkar yang lumayan jauh dari pantai dan disana ada yang menawarkan jasa antar jemput dari kapal ke Pink Beach. Yang bawa floatis waktunya dikeluarin! Main sampai puas deh disini!! Hehehe



MANTA POINT

Kata orang ketemu manta itu jodoh-jodohan, karena nggak semua orang bisa dapet ketemu atau ngelihat saat lewat di point ini. Beruntung kita bisa ngelihat 2 manta yang lagi lewat sini. Nggak ada yang turun ke laut kecuali kapten kapal kita si Bang Akbar karena ini lautnya nggak tau deh kedalaman berapa dan arusnya kuat banget. Ngeri kan.. Dia aja nggak bisa ketemu sama mantanya. Kita ngelihat dari atas aja udah seneng bangett... Kakak temenku yang udah 6 kali kesini, belum pernah ketemu manta sampai mutusin buat bermalam di deket manta point untuk ketemu sama si manta hehehehe..

GILI LABA/GILI LAWA DARAT

Hari kedua di laut yang memang paling padat, acara dari pagi hingga sore nggak putus-putus. Setelah puas main di Pink Beach, kita makan siang di kapal. Nggak perlu khawatir soal menunya dijamin enak, jadi sehat 2 hari disini makan seafood terus. Mesti hati-hati yang punya darah tinggi hihihi. Gili laba sebenarnya hampir sama dengan Pulau Padar, tapi seperti yang aku bilang di awal, setiap pulau punya keindahannya tersendiri. Nggak ada yang sama percis. Ada 2 jalur untuk trecking disini, ada yang sangat terjal dan curam, tapi perjalanannya singkat. Satunya lagi perjalanan cukup panjang dan jauh menuju puncak, tapi pendakian lebih landai. Well said, kita pilih yang landai aja biar aman. Berkali-kali trecking udah lumayan bikin kaki gemetar hehehehe

Ngerumputsss

PASIR TIMBUL/TAKA MAKASSAR

Sampai juga di hari terakhir sailing huhuhu. Bener-bener nggak pengen pulang.. Sedih.. Pagi hari kita langsung meluncur ke Pasir Timbul atau Taka Makassar. Disebut pasir timbul karena ada gundukan pasir yang dikelilingi oleh lautan. Bentuknya juga unik menyerupai bebek kalau dilihat dari atas. Airnya juga jernih banget, banyak ikan kalau mau snorkeling disini. Tapi semakin siang airnya juga semakin tinggi. Lebih pagi mungkin akan lebih baik kalau mau kesini.


Chill. Hahahaha
PULAU KANAWA

Last stop. Kanawa!!!!! Banyak yang suka pulau ini dibandingin dengan pulau yang lain. Kenapa ya? Sebulan lalu waktu aku kesini, siang banget baru sampai disini sebelum balik ke Labuan Bajo. Panas banget! Menyengat sampai ke kulit paling dalam kayaknya hahahaha. Kalau pagi kesini atau sore mungkin lebih beruntung. Snorkeling disini yang paling banyak ikannya. Aku nggak sempet snorkeling karena saking panasnya, nggak kuat. Kondisi badan juga udah mulai capek karena 3 hari 2 malam di tengah laut hehehehe. Oh ya, berenang cantik dipinggirnya aja kita bisa ketemu sama hiu putih looo.. Pokoknya wonderful Flores deh!

Sumpah waktu berangkat kulitku nggak gini hahaha

BUKIT SILVIA

Yaaaa akhirnya berakhir perjalanan di lautan Flores kami, sedih sih waktu turun dari kapal tapi rasanyaa puasssss banget. Bahagia banget deh bisa kesini. Dari kanawa kita pengen kePulau Sembilan yang katanya bisa berenang bareng ubur-ubur, tapi nggak kesampaian kesana karena gelombang lagi nggak pas dan nggak bisa ketemu ubur-ubur kalaupun kita kesana. Sedihh... Jadi dari Kanawa langsung balik ke Labuan Bajo. Kita nggak turun di Pelabuhan Pelni seperti saat berangkatnya karena kita mutusin bermalam lagi semalam di Labuan Bajo yaitu di Hotel Silvia. Hotel ini punya dermaganya sendiri, jadi tinggal bilang sama abang kapalnya kita turun deh di dermaga tersebut. Biar langsung sampai hotel, dan mandi!!! Mungkin bisa dihitung berapa kali aku mandi selama di kapal. Kebanyakan sih pake air asin a.k.a nggak mandi sehabis berenang hahahahaha.. Malamnya kita ke kota Labuan Bajo untuk cari makan malam dan juga kopi!! Coffee In Hit di bawahnya Artomoro Restaurant boleh deh buat didatengin. Eh yang mau jadi anak gaul Labuan Bajo kata abang-abang disini tempat dugem ngehitsnya 'Paradise' sekian sekian namanya. Nggak denger jelas, searah dari perjalanan Hotel Silvia ke Kota Labuan Bajo (hahaha boleh dicoba kalau kesini lagi yaaa).. Jangan lupa kalau menginap di sekitar Hotel Silvia untuk melihat matahari terbit di Bukit Silvia. Nggak jauh dari hotel, kira-kira 10-20 menit jalan kaki.
Sunrise di Bukit Silvia
Finally pulang dengan berat hati dan kulit gosong. Jatuh cinta sama tanah Flores. Semoga punya kesempatan untuk datang kesini lagi. Aku terbang balik ke Denpasar siang hari dan telat karena pesawat delay. Yang mau beli oleh-oleh di seberang bandara ada. One of bucket list check!

Artikel terkait: http://yunitasuijantari.blogspot.co.id/2017/05/hai-apa-kabar-masih-menyambung-tulisan.html

5 comments:

  1. kalau jalan kaki dari ciao histel ke kampung ujung apakah jauh? taxi bisa masuk sampai ke depan hostel? tanjakan ke hostelnya jalannya bagus? apakah terlalu terjal? hostel menyediakan rental motor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sekitar 15-20 menit, kalau malam jalannya agak gelap.. taxi bisa kok, tanjakan lumayan terjal tapi supir taxinya udah pro hehe hostel tidak menyediakan motor untuk rental..

      Delete
    2. Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan,SAYA IBU DEWI, sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada AKI JOYO MALIK atas bantuannya saya menang togel yang ke 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang pengepul barang bekas apalagi saya seorang janda,,yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….pada su atu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai angka ritual/ghoib AKI JOYO MALIK yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor AKI JOYO MALIK dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan AKI yang telah memberikan angka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas berkat bantuan AKI JOYO MALIK bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goib yang di jamin 100% kemenangan hbg AKI JOYO MALIK di nmr;_ 085-211-977-346,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya AKI JOYO MALIK yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti siahkan HBG/SMS AKI JOYO MALIK nya,terima kasih ROMNYA

      INGAT…!!! JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG ADA SEBAB

      KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN DATANG KE 2 KALINYA………

      Delete
    3. Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan,SAYA IBU DEWI, sekeluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada AKI JOYO MALIK atas bantuannya saya menang togel yang ke 3x nya ,pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang pengepul barang bekas apalagi saya seorang janda,,yang pendapatannya tidak seberapa,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya….pada su atu hari saya tidak sengaja mendengar pembicaraan teman saya mengenai angka ritual/ghoib AKI JOYO MALIK yang katanya bisa mengeluarkan angka sgp/hk yang di jamin tembus,akhirnya saya bertanya dan teman saya memberikan nomor AKI JOYO MALIK dan saya pun menghubunginya..?? Berkat bantuan AKI yang telah memberikan angka “GHOIB” nya 4D dan alhamdulillah itu ternyata terbukti. lagi…sekarang anak saya bisa lanjut sekolah lagi itu semua atas berkat bantuan AKI JOYO MALIK bagi anda yang penggemar togel ingin meruban nasib melalui angka2 goib yang di jamin 100% kemenangan hbg AKI JOYO MALIK di nmr;_ 085-211-977-346,ini bukti nyata bukan rekayasa,mana ada kemenangan tanpa keberanian dan kejujuran,saatnya kita perlu bukti bukan sekedar janji2,hanya AKI JOYO MALIK yang bisa menjamin 100% kesuksesan,anda perlu bukti siahkan HBG/SMS AKI JOYO MALIK nya,terima kasih ROMNYA

      INGAT…!!! JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG ADA SEBAB

      KESEMPATAN TIDAK MUNGKIN DATANG KE 2 KALINYA………

      Delete
    4. Solusi yang tepat jangan anda putus asah… KI .angen jallo akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB: butuh angka togel 2D 3D 4D SGP /
      HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol Apabila ada waktu
      silahkan Hub: KI agen jallo DI NO: 085-283 790 444 ]] ANGKA GHOIB:
      SINGAPUR 2D/3D/4D/ ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/ ANGKA GHOIB; TEXAS
      ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/ ANGKA GHOIB; LAOS/JIKA INGIN
      MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 20 X TERBUKTI

      TRIM’S ROO,MX SOBAT




      Solusi yang tepat jangan anda putus asah… KI .angen jallo akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB: butuh angka togel 2D 3D 4D SGP /
      HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol Apabila ada waktu
      silahkan Hub: KI agen jallo DI NO: 085-283 790 444 ]] ANGKA GHOIB:
      SINGAPUR 2D/3D/4D/ ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/ ANGKA GHOIB; TEXAS
      ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/ ANGKA GHOIB; LAOS/JIKA INGIN
      MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 20 X TERBUKTI

      TRIM’S ROO,MX SOBAT




      Solusi yang tepat jangan anda putus asah… KI .angen jallo akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB: butuh angka togel 2D 3D 4D SGP /
      HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol Apabila ada waktu
      silahkan Hub: KI agen jallo DI NO: 085-283 790 444 ]] ANGKA GHOIB:
      SINGAPUR 2D/3D/4D/ ANGKA GHOIB: HONGKONG 2D/3D/4D/ ANGKA GHOIB; TEXAS
      ANGKA GHOIB; TOTO/ MAGNUM 4D/5D/6D/ ANGKA GHOIB; LAOS/JIKA INGIN
      MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 20 X TERBUKTI

      TRIM’S ROO,MX SOBAT

      Delete